Senin, 02 September 2013

Tips Menikmati Hidup di Jakarta, Khusus untuk 'Bule'



Sebuah majalah untuk kalangan expatriates  menerbitkan daftar 100 hal yang menarik bagi ‘bule’ untuk dilakukan di Jakarta. Sebuah daftar yang menarik, menggelikan, lucu dan juga kontroversial. Bagaimana menurut Anda?



Kota Tua Batavia
Bagi pekerja asing atau yang dikenal kalangan 'expat' pasti akan menemukan banyak hal yang unik di kota Jakarta, yang barangkali lebih pas dengan sebutan  kota Seribu Satu Malam. Alasannya, Jakarta merupakan kota yang terus bergerak selama 24 jam dengan segala keunikannya.

Kenneth Young bahkan sampai menulis 100 daftar hal-hal yang menarik bagi seorang pekerja asing yang bekerja di Ibu Kota. Tentu saja daftar 100 jenis kegiatan itu tidak cuma seputar Kota Tua, jalan protokol, tapi juga sudut-sudut dan lorong-lorong ibu kota menjadi perhatian.)


Berikut beberapa hal yang menarik bagi pekerja asing atau pengunjung yang mungkin biasa saja bagi penghuni Jakarta.
Ojek Taxi

1.      Hati-hati berjalan di trotoar. Jatuh ke dalam got dapat menjadi salah satu cara menikmati hidup di Ibu Kota, tapi ini tidak dianjurkan.

2.      Bila Anda senang berenang seperti ikan-ikan di laut-sekali, nikmati sensasi menjadi ikan Sarden di bis Trans Jakarta, terutama saat jam-jam sibuk, pagi atau sore, setelah jam kerja.

3.      Tetap menebar pesona dengan senyum dalam kondisi apapun, walaupun ada kejadian yang menjengkelkan Anda. Jangan pernah hilang kontrol.

4.      Bagaimana cara belajar cepat bahasa Indonesia? Bawa kamus dan ajaklah pengembudi taxi berbicara dalam bahasa Indonesia. Ini cara terbaik daripada Anda menggunakan google translate di tablet kesukaan Anda karena baterinya bisa drop sebelum Anda tiba di tempat tujuan.

5.      Mengubah kebiasaan terkadang tidak mudah. Coba minta ke cashier di mini market, dan beritahu dia untuk jangan menggunakan kantong plastik untuk satu jenis barang yang dibeli. Perhatikan reaksinya.

6.      Pergilah ke Stadium di Kota, tapi cukup sekali saja, kecuali Anda memang drug addict.

7.      Bila Anda masih menyukai bunyi-bunyi yang gaduh, keluarlah dari Stadium lewat pintu belakang pada jam 6 pagi, dan pulang dengan bajaj.

8.      Terimalah kenyataan bahwa lebih banyak petugas supermarket berdiri, tidak melakukan apa-apa di sekitar rak-rak barang, dan hanya 3 cashier/tempat pembayaran yang beroperasi.

9.      Pura-pura menjadi orang penting. Berfotolah bersama Presiden Indonesia, lalu dibingkai dan digantung di kantor.

10. Bila ingin sampai di tempat tujuan dengan cepat, terutama saat hujan, naiklah ojek untuk menerobos kemacetan. Pakai mantel hujan, helm dan jangan lupa berdoa.    

11. Bila Anda menyukai film, nontonlah di bioskop. Anda tidak perlu mahir berbahasai Indonesia untuk mengikuti plot atau jalan cerita. Cukup perhatikan reaksi penonton.


12. Ikutilah oleh seperti kickboxing di Kemang Fight Gym untuk melepaskan stres dan kemarahan Anda.

13.  Anda dapat mengurangi umur hanya sampai 60 tahun dengan merokok kretek dikombinasikan dengan Indomi dan gorengan di pinggir jalan.

14.  Tulis saja kata “tidak ada/tidak beragama” atau “Komunis’ di kolom yang meminta Anda menulis Agama Anda. Jangan heran bila ada yang menertawakan Anda.

15.  Pastikan Anda meminta opini kedua bila dokter memuutuskan untuk lahir dengan cara operasi sesar.

16.  Apa yang tertulis, tidak berarti itu yang Anda dapatkan. Bila provider internet melakukan promosi, dapatkan kecepatan hingga 14.7 Mbps, itu berarti 3.2 Kbps. Itu pun bila Anda bernasib baik.

17.  Beli sepasang sepatu buatan lokal, dan siap-siap untuk memperbaikinya setiap dua bulan sekali.

18.  Pura-puralah bahwa Anda seorang politikus terkenal saat melewati jalur busway mengikuti polisi dan lampu kuning mobil di nyalakan.

19.  Perhatikan bagaimana seorang pencopet dipukul hingga pingsan oleh kelompok warga yang marah. Pada kesempatan lain Anda dapat menyaksikan publik berempati pada politkus yang mencuri ratusan juta dolar. Dan bila tertangkap tangan, tersenyumlah selalu ketika kamera TV menyorot Anda, seolah-olah Anda adalah pahlawan.

20.  Bila ingin mencari pencukur yang murah, cari tukang cukur yang menggunakan motor di bawah pohon. Dijamin murah.

21 .  Hati-hati bila dokter memberi resep untuk membeli obat antibiotik. Selalu cek di google sebelum membeli obat seperti yang diresepkan dokter.

22. Oh, bila kebetulan Anda tinggal dekat mesjid dan tidak ingin terbangun jam 4 pagi, pakailah earplug atau earphone..

23. Bila Anda mengendarai mobil dan di depan Anda ada bajaj, atau berpapasan dengan bajaj di persimpangan, hati-hati. Hanya Tuhan yang tahu, kapan bajaj tersebut akan belok.


24. Hormati bulan puasa kaum Muslim dengan tidak makan dan merokok di ruang publik pada siang hari.


25. Lupakan hal-hal yang menjengkelkan Anda. Berupaya untuk mengerti masyarakatnya dan anda akan mendapat imbalan setimpal.!!!

So, Enjoy your life!!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar