Senin, 13 Oktober 2014

Mark Zuckeberg ke Indonesia Ngapain Aja?

Mark Zuckeberg
Media social Indonesia sedang heboh karena kedatangan Mark Zuckeberg, penemu dan pemilik Facebook. "Saya baru saja tiba di Indonesia dan naik ke atas Borobudur untuk melihat matahari terbit. Besok untuk Internet.org akan bertemu dengan para pengembang, operator mitra dan pemimpin pemerintah di Jakarta," tulis Zuckerberg di akun Facebook-nya pada Minggu pagi.

Mark bertemu dengan Jokowi dan berbagai jajaran pemerintahan lainnya untuk membicarakan mengenai internet di Indonesia khususnya internet.org.

Internet.org merupakan aplikasi yang menyediakan akses bagi masyarakat di wilayah terpencil untuk mendapatkan layanan akses internet dasar.

"Kami percaya, konektivitas merupakan sebuah hak asasi manusia dan salah satu tantangan fundamental untuk generasi kita," ucap Zuckerberg di India beberapa waktu lalu.

Saat ini di Indonesia akses internet diperkirakan baru dapat dinikmati 82 juta dari total jumlah penduduk sekitar 253,60 juta jiwa.

Mark juga menampikkan tudingan bahwa dia menciptakan monopoli dalam mengakses konten online di negara berkembang, dengan argument bahwa para operator seluler bebas memutuskan layanan mana yang akan mereka gunakan, dan sama sekali tidak harus menyertakan Facebook.

Selain bertemu dengan Jokowi, ternyata Mark juga sempat blusukan ke Kampung Cyber di Jogjakarta. Di sana dia bercengkerama dengan penduduk dan menanyakan asal-usul kampong tersebut. Kedatangan Mark tersebut tiba-tiba begitu saja dan tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Mark juga dilaporkan sempat menjadi juru foto di kawasan Candi Borobudur. Mark diminta oleh kelompok lansia untuk mengambil foto mereka. Kemungkinan besar kelompok lansia tersebut tidak tahu siapa Mark itu. Karena kalau tahu, mungkin malahan mereka yang akan minta foto bersama!

Inisiatif Mark untuk membuat perubahan di dunia ini sangat pantas diapresiasi. Dia bisa saja hanya ongkang-ongkang kaki menerima duit dari perusahaan yang dimilikinya. Namun ternyata dia cukup peduli untuk membuat perubahan di dunia ini, bahwa semua orang berhak atas akses internet. Memang kebebasan untuk mendapatkan informasi adalah salah satu hak yang paling hakiki.


Semoga dengan sentilan Mark, internet Indonesia akan diperbagus dan dipercepat aksesnya. Menteri Komunikasi Tifatul Sembiring yang tempo hari sempat menyatakan bingung internet cepat itu untuk apa, seharusnya kini malu dengan kedatangan Mark dan merasa ditampar! Ayo pemerintah Jokowi wujudkan internet cepat dan murah untuk Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar