Rabu, 01 Oktober 2014

Benarkah Ada Perempuan Berpayudara Tiga?

hoax
Yang namanya manusia cenderung percaya pada apa saja yang dimuat di dalam surat kabar maupun online. Walau berakal sehat, diberi otak luar biasa cerdas oleh Tuhan, dan diberi pendidikan bertahun-tahun oleh orangtua dan negara, kita tetap suka malas — dan daripada mikir sendiri, percaya aja pada apapun, tak kecuali yang jelas mustahil.

Ingat Joko Suprapto, penemu Bahan Bakar Air (Blue Energy)? Sang presiden kita, SBY, yang notabene lulusan S3 dari universitas luar negeri, percaya aja bahwa air bisa diubah untuk menjadi hydrocarbon lalu dibakar untuk menghasilkan energi. Berdekade-dekade, ilmuwan pintar dari berbagai negara mengejar solusi untuk langkahnya bahan bakar, dengan solusi berbasis cold fusion, perpetual energy, dst – dan semua gagal. Tiba-tiba seorang warga negara Indonesia yang tinggal di daerah Nganjuk muncul dan mengklaim dia bisa meruba air (H2O) menjadi bahan bakar (CnH2n+2), berupa solar, benzin dan minyak tanah pun. Whew! Zat carbon itu muncul dari mana? Kemanakah zat oxygen itu? Ini adalah alchemy! Saat ditanya, dari mana Joko dapat ide ini? Si penemu menjawab: “Dalam Alquran, itu semua yang ada di bumi bermanfaat bagi kehidupan manusia.”

Mungkin lebih tepat jika kita bilang: “Semua manusia yang ada di bumi terlalu gampang percaya.”

Ini muncul di ingatan saya karena minggu lalu muncul kabar yang tak kalah jelas mustahil: adanya sosok perempuan bernama Jasmine Tridevil yang ngaku telah menjalani bedah plastik untuk menghasilkan payadara tambahan. Si wanita tiga payudara ini sempat menjadi buah bibir seluruh internet sesudah beredar dua foto — yang agak gelap dan kabur — yang menunjukkan tiga mammaries dibungkus bikini jahitan khusus.

Wow! Semua pada heboh, membahas apakah ini perkembangan wajar untuk kaum manusia yang makin sering menjalani plastic surgery, seperti cewek korea yang suka memotong kulit mata dan memanjangkan hidung agar tampil lebih “bule”?

Cuman, tidak ada yang berhenti untuk menanyakan apakah hal ini memang bisa terjadi, atau lebih mungkin merupakan sandiwara, a.k.a. sebuah hoax. Jutaan orang meng-klik link-link terkait kabar Jasmine Tridevil, sebelum satu outlet media, “I Fucking Love Science” — berupaya untuk mewawancara ahli bedah plastik. Ternyata cukup mustahil juga bahwa si Jasmine jujur dalam pernyataan ke media, karena (a) Tak ada dokter plastik yang mau melanggar sumpah untuk melakukan hal bahaya dan tak berguna seperti ini; dan; (b) kalaupun ada, tissue expander yang ditanam di dada sang tri-ibilis akan menghasilkan buah dada berbentuk bola aneh yang tersambung ke yang asli, bukan buah dada terpisah seperti yang asli.

Memang ada-ada saja orang-orang yang membuat kehebohan dengan berita palsu seperti ini . Tapi yang tidak kalah parahnya juga ya orang-orang yang dengan mudahnya percaya hal-hal yang irasional seperti ini!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar